banner trader pribadi

TINJAUAN SEPEKAN GBP/USD ( 03 NOV - 07 NOV 2014 )

 Seperti yang telah kita bahas pada  artikel sebelumnya ( baca disini ), pergerakan harga GBP/USD benar-benar "pertarungan" antara garis resistant EMA 5 dan Lower Band ( grafik dengan time period daily chart dengan indicator EMA 5 dan Bollinger band).

Saya mohon maaf sebelumnya kepada trader pribadi semuanya, karena kesibukan saya sehingga sempat absen selama tiga hari tidak memberikan ulasan.

Baiklah mari kita lanjutkan.  Bukti " pertarungan " kedua garis tersebut mulai kita lihat pada sesi perdagangan hari senin tanggal  03 November 2014 dimana harga penutupan ( close price ) hari tersebut masih berdekatan dengan harga pembukaannya ( open price ), setelah sebelumnya sempat turun  kemudian naik lagi mencapai range tertinggi pada hari tersebut kemudian turun mendekati harga pembukaannya. jadi kesimpulannya pada perdagangan hari tersebut "seri" walaupun sebenarnya jika dilihat dari harga penutupan hari jumat tanggal 31 Oktober 2014, harga penutupan senin lebih rendah.( baca: cenderung turun ).  .



Memasuki hari Selasa, harga bergerak naik guna mulai menguji garis EMA 5 , sehingga entry point buy limit yang kita rencanakan di titik  entry buy limit di level 1.5930 (5 point di atas lower band )  dengan SL (stop loss )di titik 1.5915 ( 10 point dibawah lower ). tidak tereksekusi. (prinsip saya kalo hari tersebut trading plan yang telah kita rencanakan tidak tereksekusi maka "cancel " maksimal jam 23.00 wib ( GMT + 7 ).

Pada hari Rabu, kekuatan garis support di lower band kembali diuji, dengan harga yang bergerak turun sampai ke level 1.58687, tapi kembali garis lower band menunjukan kekuatannya dengan mendorong harga kembali naik bahkan sampai ke level 1.60219 lebih tinggi dari level harga pada hari selasa sebelumnya yang berada di level tertingginya di 1.60160 guna membalas untuk menguji balik garis EMA 5, sebelum akhirnya di tutup di 1.59750 ( lebih rendah dari pada harga pembukaannya pada hari rabu tersebut), walaupun tanda-tanda mulai melemahnya garis lower band sebagai support mulai terlihat dimana levelnya mulai menurun seperti terlihat dalam tabel berikut : 


Pada hari Kamis akhirnya kekuatan garis support lower band "jebol" juga, seiring dengan meluncurnya harga ke bawah hingga di tutup di level 1.58304, lebih tinggi sedikit dari pada range harga terendah pada sesi perdagangan hari tersebut di level 1.58246.

Kejadian ini bagi saya merupakan sebuah kritikan tersendiri khususnya bagi para teknikalis yang banyak kita jumpai di dalam buku buku yang membahas analisa teknikal, yang mengatakan " suatu garis apakah itu garis resistant atau garis support , semakin di uji garis tersebut maka garis tersebut akan semakin kuat".

Kalo menurut saya peribadi sebagai seorang trader pribadi, statemant tersebut kurang tepat karena bertentangan dengan hukum alam ( Natural Law ).

Sesuatu itu semakin di "tekan" maka akan semakin melemah, contoh gampang, tembok rumah kalo anda pukul dengan palu sekali maka dia belum menunjukkan kelemahannya, tapi ketika anda pukul berkali-kali maka pada akhirnya akan "jebol" juga, demikian pula halnya anda yang memukul tembok tersebut, kalo anda ayunkan palu tersebut sekali anda belum menunjukan kelemahan (baca : letih ), tapi kalo anda  ayunkan berkali kali maka anda akhirnya akan letih dan berhenti mengayunkannya lagi karena sudah tidak mampu lagi.

Itulah hukum alam yang berlaku pada alam ini termasuk kita sebagai mahluk ciptaan Allah. karena memang kita diciptakan dalam keadaan lemah., hanya Allah lah yang Maha Kuat.

Nah kita kembali kepada Topik semula, Kabar baiknya walaupun pergerakan harga menurun drastis pada hari Kamis, tapi hari Jumat sebagai hari yang penting pada sesi perdagangan minggu ini, karena adanya news Non Farm Payroll dan Tingkat Pengangguran amerika, pergerakan harga di tutup lebih tinggi dari harga pembukaannya, apakah ini bertanda ( baca: sinyal bullish ), belum tentu karena candle yang terbentuk biasa saja.

Tapi kalo kita perhatikan dengan seksama menggunakan indicator Stochastic 5,3,3, dalam hal ini indicator tersebut menunjukan adanya "divergance" antara pergerakan harga dengan pergerakan garis indicator di atas seperti yang ditampilkan dalam weekly chart di bawah ini :


 Hal ini juga diperkuat dengan daily chart di bawah ini :


 Nah jelaskan..!!!

Entry yang saya sarankan, entry buy dengan lebih bijak dan hari-hati,
Bagi yang long time , Entry buy limit di titik 1.58500 , sedikit di bawah garis lower band dan Stop loss di titik 1.58250 ( 5 point dibawah titik open price hari jumat lalu), Take Profit bisa 1.59250 ( RTR 1 : 3 ).

Pada hari Senin tanggal 10 November 2014 bisa saja kemungkinanya harga di buka "lompat" lebih tinggi dari harga penutupan pada hari Jumat ini.

Demikian, semoga bermanfaat

Salam Trader Pribadi

Jika anda ingin menguji kemampuan trading anda, 
silahkan buka akun kontes disini untuk memperebutkan hadiah total $1.000,- ( 100 %Free )

atau buka akun demo disini. Segera jangan sampai ketinggalan dari yang lain.

Posting Komentar

0 Komentar